Gula Kalupu (Gula Kelapa), Penganan Khas Buton dari Pulau Kabaena

JENDELASULTRA.BLOGSPOT.COM – Gula Kalupu merupakan penganan khas daerah Buton yang banyak dijumpai di Pulau Buton, utamanya di Kabupaten Buton dan Kota Baubau. Sebuah daerah yang kaya dengan berbagai kuliner khas masyarakat lokal. Dahulu wilayah ini berada dalam kekuasaan Kesultanan/Kerajaan Buton.

Kue Gula Kalupu atau biasa juga disebut Gula Kelapa ini kebanyakan dipasok dari Kabaena. Sebuah pulau yang terkenal sebagai pengahasil gula aren/gula merah. Secara historis, Kabaena dulunya tergabung dalam wilayah administratif Kabupaten Buton.  Namun ketika pemekaran Kabupaten Bombana pada tahun 2003, Pulau Kabaena turut memisahkan diri dari wilayah Pemerintahan Kabupaten Buton.

Kuliner khas Pulau Buton: "Gula Kalupu" atau biasa juga disebut Gula Kelapa. (Foto: Muhamad Taslim Dalma)
Jajanan khas ini diangkut bersamaan dengan barang-barang lainnya menggunakan kapal kayu rute Kabaena – Baubau yang sandar di Pelabuhan Jembatan Batu Kota Baubau. Gula Kalupu inilah yang kemudian dipasok ke Kota Kota Baubau, Buton, dan sekitarnya.


Masyarakat di pulau Kabaena dikenal sangat ahli dalam membuat Gula Kalupu. Bahan-bahannya terdiri dari daging kelapa, gula aren, dan beras ketan. Ketiga bahan tersebut diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan adonan yang legit dengan tingkat kekenyalan yang cukup padat.

Racikan adonan yang sudah masak berwarna merah kecoklatan kemudian dibungkus dengan lembaran kulit jagung, sebuah bentuk kemasan yang masih sangat tradisional. Kemudian, diikat rapat dengan menggunakan tali, tiga ikatan atas-tengah-bawah. Setelah jadi, ukurannya hanya hanya sebesar dua bola pimpong.

Mengenai rasa, jajanan yang satu ini aslinya “top markotop”. Rasa manisnya unik, dari cita rasa asli gula aren Pulau Kabaena. Enak disantap hanya sekali waktu sebab rasanya yang legit bagi yang terlalu banyak mengkonsumsinya akan merasa bosan. Olehnya alangkah baiknya dalam sekali makan  hanya 1 atau dua biji kue ini, tapi itu tergantung selera masing-masing.
Gula Kalupu/Gula Kelapa
Soal harga di pasaran tergolong lumayan murah. Dalam satu ikat berisi 10 biji Kue Gula Kalupu hanya berharga Rp. 20 ribu,- per April 2017.  Selain harga murah, untuk menemukan penganan ini di pulau Buton tak akan sulit sebab banyak dijajakan di hampir setiap tokoh oleh-oleh dan warung-warung,  paling banyak dapat dijumpai pelabuhan Baubau dan sekitarnya.

Jajanan Gula Kalupu ini sangat cocok jadi buah tangan/oleh-oleh bagi yang berkunjung ke Pulau Buton maupun Pulau Kabaena. Kue ini dapat bertahan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tergantung tata cara penyimpanannya. Tempat penyimpanan yang tidak tepat dapat membuatnya dimasuki jamur yang menghasilkan bau apek. 


Penulis : Muhamad Taslim Dalma

0 Response to "Gula Kalupu (Gula Kelapa), Penganan Khas Buton dari Pulau Kabaena"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel